Memahami Fungsi & Manfaat Landing Page untuk Mendukung Bisnis Secara Online

Banyak penjelasan terkait Landing page yang bisa dicari melalui Google. Disini saya hanya akan menjelasakan secara sederhana agar mudah dipahami.

Anda tahu brosur ?

Nah, landing page ini tak ubahnya brosur untuk dilihat & dibaca oleh orang-orang sehingga orang yang membutuhkan atau tertarik bisa mengambil tindakan sesuai apa yang menjadi tujuan dari brosur tersebut.

Hanya saja, ada beberapa perbedaan, misalnya :

  • Brosur jelas ada wujud fisiknya, sementara landing page tidak ada wujud fisiknya karena sifatnya online.
  • Brosur hanya bisa menyampaikan informasi terbatas, karena ukuran kertasnya juga kecil, bukan ? Sementara landing page dapat menampilkan jauh lebih banyak informasi yang diperlukan.
  • Brosur juga hanya bisa disebarkan di area atau lokasi tertentu, sementara landing page bisa dibuka dan dilihat siapapun, di manapaun di seluruh dunia.
  • Dilihat dari daya jangkaunya maupun informasi yang disampaikannya, biaya membuat landingpage jauh lebih murah daripada mencetak brosur.
    • Anda cetak 1.000 lembar brosur akan keluar biaya tidak akan kurang dari Rp 250.000, artinya biaya promo untuk dilihat 1 orang tidak kurang dari Rp 250
    • Landing Page 1 tahun Rp 100.000. Jika dipromosikan tiap hari & dilihat 20 orang saja, setahun berarti dilihat oleh lebih dari 7.000 orang. Biaya promo tidak lebih dari Rp 15 per orang. Tidak lebih dari 6% biaya bikin brosur.

 Bagaimana cara menggunakannya  ?

Inipun tidak jauh beda dengan brosur.

Ketika Anda cetak brosur, tentu akan dibagikan kepada orang-orang bukan ? Percuma Anda cetak brosur jika hanya disimpan.

Demikian halnya dengan landing page Milagros. Inipun untuk disebarkan kepada orang-orang yang akan menjadi target produk atau bisnis Milagros.

Bedanya, jika brosur diberikan dalam wujud fisik berupa kertas, sementara untuk landing page yang disebarkannya adalah dalam bentuk alamat URL, misalnya https://mitramilagros.com/bisnismilagros, atau https://www.mitramilagros.com/produkmilagros, dll.

Khusus untuk landing page Milagros dari mitrmilagros.com, alamatnya akan diberikan dalam bentuk nama Anda, yakni : https://mitramilagros.com/nama-Anda

Cara membagikannya

Jika brosur dibagikan dengan cara memberikan kertasnya pada orang-orang, maka landing page dibagikan dengan cara menuliskan alamatnya ataupun copy-paste alamatnya tersebut untuk di-klik.

Tempat membagikan

Jika brosur dibagikan di tempat atau lokasi nyata, maka landing page dibagikannya di media online, baik itu media sosial, website, blog, email, dll. Mengenai hal ini selengkapnya bisa dibaca pada ebook panduannya nanti. Tidak sulit, siapapun pasti bisa melakukannya, karena tinggal nulis atau copy saja.

Apa Manfaat Landing Page ?

Manfaatnya tidak jauh beda dengan brosur.

Coba bayangkan sebentar. Misalnya, Anda menyebarkan brosur tentang khasiat & manfaat Milagros di area Rumah Sakit, Puskesmas, & Tempat Praktek Dokter. Dalam brosur tentu Anda tuliskan juga bahwa jika ada yang memerlukan Milagros bisa order kepada Anda. Kira-kira manfaat apa yang akan Anda dapat dari menyebarkan brosur tersebut ?

Kebayang kan manfaatnya ? Saya yakin, Anda pasti bisa membayangkan apa manfaatnya.

Nah, jadi seperti itulah kira-kira manfaat utama landing page itu.

Manfaat Lain

Dengan memahami apa itu landing page & ngerti cara penggunaannya, maka semua jenis bisnis yang Anda lakukan bisa memanfaatkan landing page sebagai alat promosi.

Anda punya usaha kuliner, jasa, wisata, reseller, dropshipper, dll, semua bisa dibuat dalam landing page untuk mempromosikannya dengan lebih lengkap & menarik.

Jadi, jangan melihatnya hanya  terbatas untuk bisnis Milagros semata. Selama Anda tertarik memanfaatkan media online untuk bisnis, mengerti cara penggunaan landing page banyak gunanya.

Terlebih jika Anda masih muda. Dengan mengerti, Anda bisa mulai belajar membuatnya sendiri. Ada tidak kurang dari 56 juta UMKM di Indonesia, juga jutaan pebisnis online yang belum ngerti landing page  yang bisa menjadi pasar. Tinggal mengedukasi mereka tentang manfaatnya yang efektif & efesien untuk promosi. Karena masih sangat sedikit sekali diantara mereka yang tahu tentang landing page.

Mengapa Banyak Orang Menggunakan Landing Page untuk Bisnisnya

Bukan rahasia lagi jika Landing Page adalah senjata “tempur” utama para pebisnis online dimana pun. Tak heran jika di sebrang sana muncul ungkapan : “Never start a marketing campaign without a dedicated landing page.”

Dan diantara 1001 alasan yang masuk akal, berikut ini 5 alasan mengapa banyak orang menggunakan Landing Page untuk bisnis mereka :

 Pertama, Landing Page terbukti mampu meningkatkan konversi hingga 80%

Karena peruntukannya yang spesifik (dedicated), tak heran jika sebuah landing page mampu meningkatkan konversi apapun sesuai goal yang diinginkan, dari leads capture hingga sales. Sebuah studi dari eyeviewdigital.com menunjukkan bahwa di Amerika sana landing page dapat meningkatkan konversi hingga 80%.

Silahkan baca artikel ini, tinggal klik : Mengapa Landing Page Bisa Meningkatkan Konversi Penjualan ?

 Kedua, Landing Page akan melakukan filter konsumen.

Setiap pengunjung yang “rela” melakukan klik pada link menuju landingpage, baik melalui social media,atau lainnya memiliki setidaknya 2 hal :

  1. Pengunjung tersebut tertarik kepada penawaran yang disampaikan dan mereka tidak terlalu gaptex untuk melakukan itu.
  2. Secara tidak langsung, bisa melakukan filter kepada untargeted visitor dan pengunjung yang terlalu malas mengunjungi landing page (yang biasanya juga malas melakukan hal lainnya). Pengunjung jenis terakhir di atas kertas adalah orang-orang yang hanya akan merepotkan.

 Ketiga, Landing Page menaikkan effektifitas iklan berbayar

Sebuah iklan online, biasanya ditautkan kepada link. Jika tidak memiliki landingpage, lalu mau diarahkan kemana klik tersebut? Ke hatiku ? 🙂

Keempat, Landing Page fokus mengarahkan calon konsumen mengambil tindakan yang diinginkan dengan dukungan informasi penting yang diperlukan.

Tidak ada alat promosi lain yang bisa seperti ini selain landing page. Coba saja cari kalau gak percaya.

 Kelima,  bisa terindex mesin pencari

Kalau ngerti optimasi mesin pencari alias SEO, landing page akan dibuat tidak hanya untuk menarik dilihat konsumen, tapi juga menarik bagi mesin pencari agar mau memunculkannya di hasil pencarian.

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang landing page. Mau pakai atau tidak tentu terserah masing-masing. Yang jelas, dengan mengetahui & bisa menggunakan landing page sama sekali tidak akan rugi karena bagaimanapun pengetahuan & kemampuan akan berguna.

Dan kalau mau order, silahkan kembali ke beranda biar bisa pilih mana yang plaing cocok. Klik Disini untuk kembali.